Sabtu, 06 Desember 2014

Apa Maksud Tagline Ini?

LUBANG WARAK - Dalam berpromosi, diperlukan sebuah slogan untuk mempermudah konsumen dalam mengenal produk. Beberapa tagline sering kita dengar dari televisi atau membacanya dari media cetak. Apakah anda juga merenungkan maksud dari tagline produk itu serta hubungannya dengan kwalitas dan harga yang ditawarkan?
Way of Life adalah tagline dari Suzuki. Jujur saja, saya kurang begitu paham maksud yang diinginkan dari slogan yang satu ini. Saya sering mendengar kalimat way of life yang dikonotasikan atau dilekatkan dalam ajaran agama. Misal Islam sebagai way of life, sebagai pegangan hidup atau jalan hidup.

Terus bagaimana maksud way of life-nya Suzuki?
Rupanya banyak yang kurang paham dari kalimat itu. Perlu waktu lama untuk mencernanya, apalagi mengaitkannya dengan produk-produk Suzuki. Bandingkan Semakin di Depan, slogan Yamaha. Apakah anda butuh waktu lama juga untuk mengartikan semakin di depan kemudian mengaitkannya dengan produk-produk dari Yamaha?
Dalam marketing, slogan mempunyai pengaruh besar untuk menggiring opini market. Slogan idealis dan filosofis milik Suzuki, masih butuh tahap panjang untuk membuat produk Suzuki bisa klop dengan slogannya sendiri. Sedangkan bagi Yamaha, cukup 2 detik saja bagi kita memaknai jika memang Yamaha lah yang terdepan.
Beda lagi dengan slogannya Honda, The Power of Dream. Meski sama-sama menggunakan bahasa Inggris, namun orang akan lebih mudah paham jika produk Honda selalu mempunyai imajinasi tinggi! Menempatkan selera pada urutan pertama, sehingga orang akan paham bagaimana kwalitas produk-produk Honda.
Sederhanakan slogan produk anda karena konsumen tidak mau berpikir ruwet dan lama mengenai identitas dan karakter produk yang anda tawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar