Di dunia #internet marketing,
memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi
marketing yang sangat efektif karena penawaran kita bisa langsung masuk
ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka. Selain itu, email
marketing dianggap lebih efektif karena pemasaran dengan
cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial, ditambah lagi biasanya penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik.
cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial, ditambah lagi biasanya penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik.
Sebenarnya, Apa Itu Email Marketing?
Seperti yang sudah disebutkan di atas,
email marketing adalah pemasaran langsung yang sering dilakukan oleh
para pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik).
Email marketing dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah
membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan.
Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email
juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan
para subscriber melalui email news letter.
Dengan email marketing, seorang
pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon
pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk,
email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para
pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.
Apa Saja Type Email Marketing?
Ada beberapa type email marketing yang
dilakukan oleh para pengusaha online, diantaranya adalah direct email,
retention email, dan beriklan di email list orang lain.
1. Direct Email
Direct email adalah pesan yang Anda
kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan
penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau
bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia
yang menarik.
Cukup banyak pebisnis online yang keliru
dalam memanfaatkan direct email kepada pelanggan mereka dengan mengirim
pesan penawaran/ promosi dengan bertubi-tubi sehingga terkesan pesan
email tersebut berisi SPAM. Pendekatan yang salah (SPAM) kepada
pelanggan atau calon pelanggan bisa berakibat buruk, misalnya pelanggan
lama atau calon pelanggan akan menghapus alamat email kita dari daftar
White List mereka atau Unsubscribe.
2. Retention Email
Retention email adalah email yang kita
kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita,
ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email
biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para
pelanggan mereka, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan
produk kita ke pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk
memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan
yang unik.
Bagi para pengusaha yang memasarkan
produk atau jasa mereka secara online dan ingin terus menjaga hubungan
baik dengan para pelanggan mereka, maka harus mengirimkan email secara
teratur kepada para pelanggan dan subscriber. Retention email tidak
harus berisi pesan promosi, ada baiknya diselingi dengan tips dan
informasi berharga yang memang penting untuk diketahui oleh para
pelanggan. Pelanggan yang senang dengan isi email Anda akan terus loyal
sehingga akan menumbuhkan bisnis Anda terus menerus, tentunya ini sangat
penting bagi semua pengusaha, terutama mereka yang punya bisnis di
market yang kompetitif.
3. Beriklan di Email Orang Lain
Ini adalah salah satu bentuk marketing
yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum
memiliki banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email
list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka
agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam
email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.
Cukup banyak pemilik produk yang
berhasil memasarkan produk mereka dengan cara seperti ini. Mereka yang
memiliki email list yang cukup banyak biasanya akan bersedia memasarkan
produk orang lain untuk mendapatkan keuntungan, baik itu dengan cara
affiliasi ataupun dengan cara lain. Jadi jangan heran kalau ada pebisnis
online yang bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dalam satu hari dari
internet dengan memanfaatkan email marketing.
Apa Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online Anda?
Beberapa manfaat email marketing sudah disebutkan sebelumnya. Untuk melengkapinya, berikut ini adalah beberapa manfaat email marketing bagi bisnis online Anda:1. Bersifat Pribadi
Email marketing yang bersifat pribadi/
personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para
pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan/ calon pelanggan merasa
nyaman menerima email dari kita, maka akan jauh lebih mudah untuk
menawarkan apapun pada mereka melalui email yang kita kirimkan.
2. Informasi Terkirim Lebih Cepat
Mengirimkan pesan promosi atau penawaran
melalui media surat pos biasanya jauh lebih lama dibandingkan dengan
email. Ditambah lagi, kita juga harus menunggu respon pelanggan melalui
surat yang mereka kirimkan melalui pos, pasti akan memakan waktu lama
dan tidak efektif. Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para
pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka
sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.
3. Biaya Jauh Lebih Murah
Memang kita membutuhkan layanan dari
penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan
efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik. Tingkat
responsive direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa
email marketing sangat menguntungkan.
4. Kampanye Dapat Diukur
Kampanye yang kita lakukan melalui email
marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat berapa
email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan
tersebut. Dengan begitu, kita bisa melakukan analisa lebih baik terhadap
kampanye yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada
kampanye saat diperlukan.
5. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Seperti yang sudah disebutkan
sebelumnya, kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para
pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita
kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan
lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.
Nah, melihat begitu banyaknya manfaat
yang bisa kita dapatkan dari email marketing ini, maka Anda para
pengusaha online tentunya harus membangun email list para pelanggan dan
calon pelanggan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat,,,,,
terimakasih banyak sob buat info dan artikelnya yang sangat membantu...
BalasHapushttp://obatasliindonesia.com/pengobatan-ambeien-yang-alami/
Iya sama sama ,makasih udah mampir ke blog saya
BalasHapus